Rabu, 04 Januari 2012

Lost in Bangkok (part 1)

Cerita perjalanan solo traveler, cewek, untuk pertama kali...

Sebenarnya berangkat ke bangkok uda direncanain dari awal taun 2011 lalu, pesen tiketnya juga jauh-jauh hari
Tapi yang namanya nasib sial emg gak bisa ditolak
Teman perjalananku tiba2 dapat tugas kantor....
T...I...D...A...K!!!!!!
Ada dua kemungkinan sebenarnya, batal berangkat atau berangkat tapi harus beli tiket lagi
Haduh...dengan budget terbatas, jadilah aku memilih berangkat sendiri
Dengan berbekal bismillah dan doa restu dari bapak dan ibu yang jauh2 nganter ke bandara jadilah aku berangkat ke bangkok

Day1

Pengalaman pertama di bandara, ternyata uda g ada fiskal
Padahal aku uda heboh nyiapin npwp dan paspor buat bebas fiskal, hehehe..
Penerbangan airasia surabaya bangkok ditempuh dalam waktu 4 jam, lama banget rasanya
Secara penerbangan paling lama cm 2jam ke singapore tahun lalu
Di pesawat ketemu mbak2 yang ternyata juga pergi sendirian, bahagia banget rasanya
Tapi emang nasib baik belum berpihak, mbak hanik ternyata pelatihan pertanian di luar kota bangkok, dan dia dijemput pula, jadilah aku menguatkan iman lagi agar sampai bangkok dengan aman dan selamat
Sampai bandara suvarnabhumi udah jam 7.25 malam, dan ternyata jemputan mbak hanik gak searah pula, jadilah aku harus mencari cara ke khaosan sendiri
Antrian imigrasinya lumayan lama, secara turisnya buanyak banget, tapi salut buat petugasnya yang walaupun aku gak ngerti bahasanya tapi ramah dan cepat

senja di atas bangkok
Sekarang harus secepatnya ke penginapan, aku booking di erawan house lewat booking.com lumayanlah gak pake bayar dulu
Alamat erawan house 17 / 1-2 Chanasongkhram Phra-Artid Road, Phranakorn, Bangkok, atau untuk pemesanan klik disini
Sebenarnya ada beberapa cara untuk ke khaosan road yang terkenal itu

1. Naik taksi ( ini uda jauh2 hari kuhapus, selain harganya terlalu mahal untuk ditanggung sendiri saat itu aku g tau apakah naik taksi disana aman?)

2. Naik airbus express
ini yang buat jantungku copot. menurut informasi yang ada kalau ke khaosan naik AE2 di entrance 8. setelah hampir setengah jam menunggu gak ada kendaraan datang, mulailah serangan panik melanda....:(
untungnya aku ketemu bule jerman yang juga bingung kenapa AE nya g datang2, setelah berembug akhirnya kami memutuskan naik airportlink aja

3. Airportlink
sebenarnya ini bukan pilihan utama pada awalnya, karena untuk ke khaosan masih harus naik taksi lagi, tapi apa daya AE uda g ada.
ada petunjuk arahnya kok tentang tempat beli tiket airportlinknya, dan untuk ke khaosan kita harus turun di "phayathai", lalu diteruskan naik taksi ke khaosan road

Ketemu bule jerman tadi emang keberuntungan banget, selain share taksi ke khaosan dia juga membantuku mencari penginapan
Jalan di bangkok banyak banget gangnya, belum lagi kadang sopir taksinya gak bisa tulisan latin
Padahal aku sudah ngeprint alamat hotelku pake tulisan aksara thailand lho, ttep aja ga ngerti...huhuhuhu...
Alhamdulillah sekitar jam 10malam aku sampai di erawan, tinggal bayar, tidur lalu siap untuk esok hari....

catatan hari pertama:
1. AE tidak operasi, entah karena kemalaman aku juga g ngeh
2. Pintu keluar ke arah khaosan road, ambil arah BTS lalu pilih exit 1

pengeluaran hari1:
- airportlink : 90THB
- taksi phayathai-khaosan : 30THB (share dg bule jerman yg aku lupa namanya, thanks mister)
- Hotel (2 malam) : 1300THB
- deposit :500THB ( diambil saat pulang)