Rabu, 11 Januari 2012

Sunny Lombok (episode1)

Assalamualaikum...
Sekarang ini mau cerita perjalanan romantis ber2 dengan teman baikku jeng maida:)
Perjalanan ini sudah setahun yang lalu, tapi gak ada salahnya ditulis dengan harapan agar berguna buat yang mau jalan2 ke lombok dan tidak mengulangi kebodohan -yang entah kenapa- selalu saya lakukan..hehe
Inilah catatan perjalananku ke Lombok (3-8Feb2011)

Hari Pertama

Pesawat yang dipilih adalah lion air, karena maskapai favorit backpaker AA tidak melayani rute surabaya-lombok
Pesawatnya berangkat jam 11.30 siang dan mendarat di mataram jam 13.15 siang
Karena berangkat dari rumah puagi mruput, akhirnya sampai Juanda jam 8.30
Sangat amat kepagian :D

Kali ini Lion on time banget, pesawat bahkan sudah take off jam 11.20 (jam 10 chek in sudah dibuka)
Penerbangannya makan waktu 40 menit, dan jam 13.10 WITA sampailah di bandara selaparang mataram
Seperti yang disarankan oleh banyak orang, kami tidak naik taksi bandara tapi lebih memilih bluebird, keluar bandara jalan ke sebelah kiri bandara.

Kita sudah pesan hotel lewat agoda , ternyata hotel yang kita pesan agak jauh letaknya dari pusat keramaian senggigi.
Kebetulan juga hotelnya agak tua dan tidak terawat, tapi....ADA BATHTUB!!!!
Jadi enjoy aja...
Eh iya, kami juga makan mie goreng termahal sedunia..:D
Maklumlah ukuran harga hotel berbintang memang agak berat buat kantongku..:(
Dan malamnya diputuskan untuk makan di luar hotel, dan kami kesulitan mencari warung karena rata2 disana cafe dengan musik jedug2...akhirnya dengan niat makan yang 100% halal makanlah kami di warung nasi padang depan hotel
Hehehehe, ke lombok kok makan nasi padang

Tips hari ini:
1. Tidak usah pesan OL di internet kalau mau liburan ke lombok, karena ternyata lombok tidak secrowded bali bahkan pada liburan panjang
2. Jika terpaksa harus memesan hotel OL, pastikan lihat lokasinya. Pastikan hotel ada di pusat senggigi, jangan mengulangi kebodohan kami
3. Jangan makan di hotel. MAHAL...
4. Untuk cewek2 imut seperti kami diputuskan tidak keliling naik sepeda motor, lalu lintasnya ngawur dan berbahaya!!

Pengeluaran hari ini:
- Bis + Damri : 30K
- Jajan : 30K
- Makan pagi : 25K
- Airport Tax : 40K
- Taxi selaparang - senggigi : 30K (2 orang)
- Hotel 2 hari : 850K (2 orang)
- Makan siang : 110K (2 orang) inilah mie termahal di dunia..:D
- Makan makanan padang : 50K ( 2 orang )

Total pengeluaran hari ini: 645K

Hari kedua

Sarapan pagi jam 6, dengan menu seharga makan siang kemaren..hahahaha...
Senggigi pusat ternyata tidak begitu jauh dari hotel tempat kami menginap, dan senggigi juga sangat amat sepi
Hanya ada beberapa bule dan itupun langsung naik boat ke Gili Trawangan
Kami memutuskan tidak ke gili trawangan karena akan mengunjungi gili nangu
Tidak bisa renang ( maksudnya berendam di air karena memang tidak bisa berenang sama sekali :D ) karena lagi dapet...:(
Tapi pantainya asik banget, karena sepi jadi serasa pantai pribadi
Ini jarang banget kita temui di jawa dan bali, biasanya pantai seribu umat, lebih banyak manusianya daripada ikan di pantainya, hehehehe
Setelah puas bermain air dan pasir di senggigi, kita sempatkan naik angkot ke malimbu
Itu adalah pantai senggigi juga tapi kita melihatnya dari atas bukit, sumpah bagus banget
Tapi gara2 kita dipalak sama sopir angkotnya jadi berasa bete dan malimbu tidak begitu indah lagi
Hahahaha, pelit mode On

Senggigi yang asik ternyata bukan di pantai utama yang ada pasar seninya
Yang bagus ya di malimbu sana, tapi gak sempat kesana karena hari ini kita tidak sewa mobil dan gak berani naik motor bisanya kita lihat cuma sebentar, dan dari atas bukit
Akhirnya setelah makan siang ( yang menunya masakan padang lagi, sampai aku heran ini di lombok apa padang?? ), diputuskan kita kembali ke hotel
Ternyata harga sewa mobil seharian 400K, ya dianterin ya ditungguin
Harganya sama rata, sudah di cek ke semua sopir di sana plus rombongan wisata

Sore2 setelah pouas tidur di kursi malas yang ada matrasnya ( serasa orang kaya di film2 )
Jalan2 ke ampenan, kota sebelum senggigi, oleh bapak di pasar seni kita disarankan sewa cidomo disana
Ampenan kota kecil, untuk keliling kotanya cuma butuh waktu 15 menitan, dan jarang objek yang dijadikan wisata
Sewa cidomonya juga agak mahal, mungkin karena muka kita muka kaya:D
Tapi akhirnya tahu juga rasanya naik andong berbodi mobil
Nganter may beli mutiara di butik mutiara, mahal banget.....
Ada yang satu set harganya 15 juta!!!haduh2 gak mungkin beli dhe

Tips hari ini :
1. Sehari di senggigi kayaknya cukup, dan lebih disarankan langsung ke daerah malimbu
2. Di senggigi banyak sekali cafe, dan karena rata2 yang makan bule jadi demi keamanan kami makan masakan minang
3. Kalau naik angkutan umum, terutama jika tidak tahu tempat sepakati harga dari awal jangan sampai jatuhnya lebih mahal dari taksi
4. Carter mobil juga ditempat wisata aja, banyak pilihan dan rata2 harganya sama jadi gak usah pesen sebelum berangkat

Catatan hari ini:
1. Daerah penginapanku namanya batulayar, jadi disarankan jangan cari penginapan di daerah itu. Selain agak jauh dari senggigi banyak anjingnya
2. Angkot senggigi berhenti di Hotel Holiday Inn, jadi kalau mau ke bangsal atau malimbu harus carter angkot. Ke bangsal taxi sekitar 150K